Home » Asuransi » Ingin Mudik Lebaran? Beli Dulu Asuransi Mobil

December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Ingin Mudik Lebaran? Beli Dulu Asuransi Mobil

asuransi mobil mudik

H-5 dan H-3 umumnya menjadi waktu yang dipilih banyak orang untuk mudik ke kampung halaman. Khususnya bagi para pekerja, waktu ini sangat tepat karena biasanya perusahaan telah memberikan libur.  Kalau memang tidak, diharapkan cuti akan lebih banyak diambil saat H+2, H+3, dst. Tak heran kalau setiap tahunnya, H-5 dan H-3 menjadi puncak arus mudik dari atau ke berbagai tempat. Kendati demikian, pemudik harus siap mengalami resiko terburuk saat mudik di waktu demikian. Ramainya pengguna jalan belum lagi masih adanya jalanan yang rusak parah serta penerangan jalan yang minim menjadi pemicunya.

Meski menggunakan mobil sekalipun, resiko kecelakaan besar kemungkinan bakal terjadi. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli asuransi mobil sebelum mudik lebaran. Perjalanan mudik akan terasa lebih aman & nyaman dengan perlindungan asuransi mobil. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi mobil dengan perlindungan singkat khusus untuk mudik lebaran. Apa saja perlindungan, berapa total premi, serta berapa banyak uang tanggungan yang diberikan perusahaan asuransi tergantung dengan tipe perlindungan asuransi yang dipilih.

Btw, tipe perlindungan apa yang patut diperhitungkan? Sebaiknya pilih All Risk bukan TLO. Ganti rugi All Risk adalah ganti rugi untuk semua kejadian yang memicu kerusakan entah itu tergelincir, tabrakan, atau lain sebagainya. Kalau TLO, akan diberikan ganti rugi jika kerusakan mobil secara total (di atas 75%). Meski premi yang ditawarkan untuk tipe perlindungan All Risk relatif mahal dari TLO, belum lagi kalau ditambah perlindungan perluasan seperti ganti rugi pihak ketiga.

Ketahuilah, selain memberikan ganti rugi atas mobil yang mengalami kerusakan, perusahaan asuransi juga bakal memberikan ganti pada penumpang mobil termasuk sopir. Masing-masing perusahaan asuransi punya aturan sendiri terhadap berapa total penumpang sekaligus anggaran yang bakal diberikan ganti rugi dalam bentuk biaya pengobatan. Untuk memberikan kenyamanan pemegang polis asuransi mobil mudik, perusahaan asuransi juga bakal memberikan fasilitas sekaligus pelayanan berikut:

  • One day service yang bakal memberikan SPK kepada bengkel-bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan terhadap mobil pemudik yang mengalami kerusakan.
  • Mobil derek yang bakal sangat dibutuhkan pemudik manakala mobil mogok.
  • Dan service lainnya seperi fuel, tire, battery, overheating, dan electrical.

Walaupun sudah ada perlindungan dari perusahaan asuransi, tetap saja para pemudik harus bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik. Persiapan berikut sangat dianjurkan:

  • Cek kondisi rem, test drive mobil sebelum mudik untuk memastikan rem dalam kondisi yang prima.
  • Periksa tekanan ban, jangan terlalu kencang karena bisa mudah pecah dan jangan pula terlalu kendur karena bakal berat dikendalikan.
  • Cek lampu, lampu depan & sein penting diperiksa karena menunjang kelancaran selama berkendara di malam hari dan di banyak simpangan.
  • Wipper mobil, jangan sampai guyuran air hujan sekaligus embunnya mengalangi pandangan selama berkendara untuk mudik.

Ketahuilah, ada beberapa perusahaan asuransi yang bakal menawarkan sistem “No Claim Bonus” bagi yang tidak melakukan klaim asuransi mobil selama masa pertanggungan. Menarik, bukan?

Info! Silakan miliki polis asuransi mobil untuk mudik dengan sebelumnya mendaftar di http://www.rajapremi.com/asuransi-mobil (temukan Page RajaPremi di sini) RajaPremi bakal memberikan perbandingan premi antar perusahaan yang menawarkan asuransi mobil termasuk untuk mudik.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *